Background

Memahami Instalasi PHP dengan Apache2Triad

Jika anda ingin membuat website dengan dukungan database, anda dapat menggunakan program freeware yang saat ini terbilang popular, yaitu PHP, dan MySQL untuk databasenya.
PHP dan MySQL dapat anda dapatkan sebagai sebuah paket dalam satu aplikasi, yaitu Apache2Triad. Apache2Triad yang akan kita bahas saat ini adalah versi 1.5.4. Paket PHP tersebut sudah mendukung PHP 5, MySQL 5, dan Apache 2 serta phpMyadmin yang akan digunakan sebagai tools pembuat database.
Jadi, sekali menginstal paket lengkap dari Aphace2Triad, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukung sebagai berikut :
  • Webserver          : Aphace2
  • Programming      : PHP, Perl dan Python
  • Database            : MySQL dan PostgreSQL Server
  • Tools Database   : phpMyAdmin, pgMyAdmin
MENGINSTAL APACHE2TRIAD
Apache2Triad adalah paket web programming lengkap yang dapat digunakan secara gratis dan legal. Untuk mendapatkan paket installer-nya anda dapat mendownloadnya dari situs resminya http://apache2triad.net.
Setelah anda mendapatkan installernya anda dapat langsung menginstalnya dengan mengklik 2 kali pada file installer tersebut. Sekali lagi saya ingatkan disini saya menggunakan apache2trian versi 1.5.4.
Selanjutnya akan muncul jendela Installation Options, hilangkan checklist pada salah satu tool yang tidak akan disertakan. Pada contoh dibawah kita tidak akan menginstal database PostgreSQL beserta ODBCnya
.
Jika sudah, klik tombol next.
Pada jendela Installation Folder, pilih folder tujuan instalasi. Secara default akan terinstal pada forder C:\apache2triad.
Klik next untuk melanjutkan.
Pada halaman set password, masukkan password (kata kunci) pada kedua kotak yang tersedia (minimal * digit).

Klik next jika selesai membuat password.


Klik tombol I Agree untuk memulai instalasi.


Tunggu hingga proses selesai.
Jika proses selesai dengan benar maka akan timbul konfirmasi seperti berikut:

klik ok untuk melanjutkan

Saat mendapatkan halaman konfirmasi “Enter the password for apache2triad :” tekan saja tombol enter jika tidak ingin memasang password.


Untuk yang terakhir kalinya akan timbul jendela konfirmasi untuk merestart computer anda, maka computer akan merestart untuk menjalankan aplikasi pada saat start-up.





MEMAHAMI FOLDER APACHE2TRIAD
Folder Apache2Triad dapat anda temui pada direktori C:\apache2triad, jika anda tidak mengubahnya pada proses instalasi yang telah kita lakukan sebelumnya. Dengan menggunakan windows explorer, susunan folder hasil instalasi dapat dilihat sebagai berikut :


Tampak bahwa terdapat beberapa sub-folder yang berada di bawah folder utama apache2triad, untuk memahami setiap fungsinya, berikut penjelasannya :
  • Bin               : folder utama dari apache2 webserver.
  • Conf             : folder berisi file-file untuk konfigurasi apache2 webserver.
  • ftp                : folder berisi tools FTP (file transfer protocol).
  • Htdocs         : folder utama untuk menyimpan data data web yang telah kita buat, baik PHP maupun HTML biasa. Pada folder ini kita dapat menbuat subfolder sendiri untuk mengelompokkan file yang telah kita buat.
  • Manual         : folder yang didalamnya terdapat manual program dan database, termasuk manual PHP dan MySQL.
  • Mysql           : folder utama untuk database MySQL server. Didalamnya terdapat subfolder data untuk merekan semua nama database, serta subfolder bin yang berisi tools klien dan server MySQL.
  • Pgsql            : folder utama untuk database postgreSQL Server.
  • Perl               : folder utama untuk program Perl.
  • Php               : folder utama untuk program PHP.
  • Python          : folder utama untuk program python.

MENGAKSES CONTROL PANEL APACHE2TRIAD
Setelah Apache2Triad selesai diinstal, anda akan mendapatkan folder program didalam Start Menu. Unutk mengaksesnya, kita bias nengklik tombol StartAll Programs, biasanya terletak paling atas
.

Apache2Triad sudah menyediakan tools berupa Control Panel berbentuk web yang berguna untuk mengontrol servis database MySQL. PostgreSQL an Apache2 web server. Anda dapat melakukan konfigurasi semua setting dengan tools ini. Nama tools-nya adalah Apache2Triad CP, dapat diakses melalui Start – All Programs – Apache2Triad – Apache2TrianCP.
Jika ada jendela konfirmasi yang meminta Otentikasi, ketikkan “root” untuk user name dan masukkan password yang telah kita buat pada step sebelumnya.


Kllik tombol ok untuk melanjutkan.
Jika password yang anda masukkan benar maka anda langsung dihadapkan dengan halaman utama Control Panel berbentuk web, seperti ini :
 

MENGKONFIGURASI SETTING
Dari halaman utama Control Panel, anda dapat mengatur setiap setting komponen program yang didukung Apache2Triad, termasuk mengatur setting Apache2 webserver dan MySQL. Caranya, buka halaman Control Panel. Perhatikan pada kotak bagian Servers, Anda akan mendapatkan kelompok pengaturan Apache seperti berikut : 



MENJALANKAN SERVIS
Jika anda menginstal paket Apache2Triad secara penuh, maka beberapa servis penting seperti Apache2 dan MySQL secara otomatis sudah dijalankan saat start-up. Sebagai admin, anda dapat mematikan setting otomatis tersebut dan bias nmenghidupkan atau mematikan servis yang sudah berjalan dengan cara, buka halaman Control Panel. Di bagian paling bawah halaman ada kotak “services/prosesses ?” 



Dari gambar diatas, nama servis yang ber-checklist berarti aktif dan berjalan secara otomatis saat start-up windows.
Klik tombol stop jika ingin menghentikan proses salah satu servis.

MENCOBA KEBERHASILAN INSTALASI
Syarat utama agar anda dapat mengakses file PHP atau HTML yang telah anda buat adalah dukungan servis Apache2 webserver yang sudah berjalan. Setelah itu, maka anda dapat mengakses semua folder dan file program yang terletak pada C:\apache2triad\htdocs.
Caranya adalah, buka browser ketikkan alamat http://localhost/. Pada addess bar. Lalu tekan enter.
Jika berhasil maka tampilannya adalah seperti ini :


Demikian artikel ini saya buat berdasar dari buku karya Bunafit Nugroho, terbitan media kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Categories: Share

1 komentar:

  1. Software kasir toko dilengkapi sistem akuntansi dapat didownload gratis di : moganinfo.blogspot.com

    BalasHapus